Suarahatirakyat

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

News

Sebanyak 111 Siswa SPN Polda Banten Resmi Dilantik Menjadi Bintara Polri

Pandeglang – Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim pimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang I Tahun 2024 di SPN Mandalawangi Polda Banten pada Kamis (11/06).

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol. Hengki serta Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres/ta jajaran.

Dalam sambutannya Abdul Karim menyampaikan amanat Kalemdiklat Polri pada upacara penutupan Siswa Diktukba Polri Gelombang I Tahun 2024. “Hari ini Sebanyak 111 siswa Diktuk Bintara Polri Gelombang I Tahun 2024 dilantik menjadi anggota Polri, maka dari itu pada diri anda telah melekat tugas, kewajiban serta tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat,” ujar Kapolda.

Selanjutnya Abdul Karim menyampaikan tema pendidikan kali ini adalah Pendidikan dan Pelatihan untuk Melayani Polri yang Presisi. “Tema pada pendidikan kali ini adalah Pendidikan dan Pelatihan untuk Melayani Polri yang Presisi, diangkatnya tema tersebut di maksudkan guna menciptakan standar sumberdaya manusia Polri yang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, tekat serta niat yang terkandung dalam tema pendidikan ini tidak akan terwujud apa bila Rekan-rekan abai dan melupakan apa yang sejatinya menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Bhayangkara,” ungkapnya.

Kapolda Banten juga menyampaikan para Bintara remaja agar tidak berhenti untuk belajar dan beradaptasi dengan perkembangan tugas Polri yang semakin kompleks. “Pelantikan hari ini merupakan langkah awal serta perjalanan panjang tugas dan karir Rekan-rekan sebagai anggota Polri, oleh karena itu tugas yang akan di hadapi akan semakin kompleks dan penuh tantangan, harus kita sadari waktu 5 bulan adalah waktu yang sangat singkat, untuk itu teruslah belajar dan beradaptasi serta mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan,” ungkap Kapolda.

Selanjutnya Kapolda Banten menyampaikan 6 penekanan yang harus di pedomani dan di laksanakan oleh para Bintara remaja sebagai bekal untuk bertugas di Lapangan. “Penekanan yang pertama adalah jaga dan tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan spiritual dalam pelaksanaan tugas yang di emban, jadikan tugas selaku anggota Polri sebagai sarana ibadah kepada tuhan yang maha esa, kedua pegang teguh serta amalkan Nilai- nilai luhur tribrata dan Catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati, laksanakan setiap tugas dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan, yang ketiga senantiasa menjaga namabaik, keluarga, serta institusi, hindari segala pelanggaran disiplin, kode etik profesi Polri, maupun pelanggaran Pidana, ke empat jadilah panutan dan teladan dalam kehidupan bermasyarakat dekati dan berikan pelayanan terbaik dari permasalahan yang berkembang agar semakin memperkuat citra positif Polri di mata masyarakat, ke lima jalin persaudaraan dengan TNI serta seluruh komponen bangsa serta bangun komunikasi positif dengan seluruh elemen masyarakat untuk memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif, yang ke enam jadilah Polisi pembelajar dengan terus mengembangkan diri melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan tugas yang terus berubah,” jelas Kapolda.

Sementara itu saat ditemui, Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Teddy Fanani menjelaskan selama 5 bulan para siswa menjalani pendidikan dan pelatihan terhitung mulai tanggal 14 Februari 2024 sampai dengan tanggal 11 Juli 2024. “Siswa Diktukba Polri Gelombang I Tahun 2024 menjalani pendidikan dan pelatihan selama 5 bulan sehingga pada hari ini Kamis 11 Juli para siswa resmi dilantik menjadi Bintara Polri, Saya berharap semoga 111 Bintara remaja yang baru di lantik ini bisa mendukung Tugas-tugas Pokok Polri sehingga harapa dari masyarakat kepada Polri bisa terpenuhi,” tutupnya.