Wednesday, 27 August 2014 22:19

Tingkatkan Pendidikan, Indonesia Bisa Kuasai MEA 2015

Jakarta - Potensi Indonesia untuk menjadi pemain dan menguasai Asean Economic Community (MEA) pada tahun 2015 cukup besar karena Indonesia sudah mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan negara lain.

 

Asia Editor The Economist, Dominic Ziegler mengatakan kelebihan yang dimiliki Indonesia adalah jumlah penduduknya paling banyak di Asean ditambah kelas menengahnya terbesar tidak hanya di Asean tetapi juga di Asia.

Untuk memanfaatkan kelebihan itu pemerintah harus meningkatkan hal paling mendasar yaitu masalah pendidikan.

Menurut dia percuma saja Indonesia menjadi bangsa yang besar tetapi hanya dimanfaatkan sebagai pasar.

"Pendidikan adalah hal utama yang harus dilakukan pemerintah untuk menghadapi Asean Economic Community," ujar dia kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (27/8).

Menurut Dominic jika jumlah penduduk yang besar sudah mempunyai kualitas pendidikan yang hebat maka Indonesia berpotensi menjadi negara maju.

Tidak menutup kemungkinan prediksi Mckinsey yang menyatakan pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketujuh di dunia menjadi kenyataan.

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat menentukan nasib Indonesia selanjutnya.

Dominic menuturkan Indonesia sudah mempunyai Presiden baru, semua masyarakat mengharapkan perubahan.

Perubahan perubahan yang harus dilakukan presiden baru adalah meningkatkan kualitas pendidikan, selain itu pembangunan infrastruktur dan mengangkat Usaha Kecil Menengah sebagai penggerak perekonomian.

Dia mengatakan jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia cukup banyak, fungsi UKM cukup besar terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Tugas pemerintahan baru adalah memberikan kemudahan akses dalam UKM seperti kredit.

"UKM juga bisa menjadi kekuatan Indonesia dalam MEA asalkan dipermudah prosesnya," ujar dia.

Dikutip dari beritasatu

Read 5210 times

Media News

  • Most Popular
  • Latest
Top