Wednesday, 27 August 2014 21:51

Minat Belajar Pemuda Kurang

 

  BH,  - Generasi muda tak luput dari perhatian BJ Habibie. Putra kelahiran  Parepare itu menilai generasi muda saat ini kehilangan minat terhadap pendidikan. Habibie mengaku sangat menyayangkan minat generasi muda dalam belajar. Khususnya terhadap ilmu tekhnologi. "Sayang, generasi muda sekarang, semangat belajarnya kurang," sebut Habibie dengan logat khasnya.

 

 

Presidenke-3  RI itu berharap, ada Habibie-Habibie baru yang bisa membuat pesawat terbang. "Sekarang sudah ada, tapi jauh lebih baik jika banyak yang bisa membantu saya membuat pesawat," harap Habibie

Sedangkan salah satu cara meningkatkan minat belajar adalah dengan model pembelajaran interaktif.

“Model pembelajaran yang diperlukan pada masa yang akan datang adalah pembelajaran interaktif, yang dapat meningkatkan minat belajar siswa,” ujar Taufik dalam acara seminar dan peluncuran Casio Eco Friendly Projector di Jakarta, Sabtu (16/8).

Menurut dia, dengan adanya interaksi antara pengajar dan siswa akan  membuat proses belajar-mengajar menjadi dinamis dan tidak satu arah. Karena proses belajar-mengajar satu arah atau siswa tidak dilibatkan sudah ketinggalan zaman dan membosankan. Maka,  tenaga pengajar harus mempunyai semangat untuk terus belajar.

Meningkatkan minat belajar dapat juga dengan cara mengkombinasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberikan pelatihan ilmu matematika dan teknologi terbaru kepada guru.

Para pendidik saat ini harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan mengikuti kebutuhan siswa sehingga tidak menjenuhkan dan perlu mendapat dukungan kurikulum serta silabus dari Departemen di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Semoga ke depan kita dapat menciptakan generasi berkeahlian guna memenuhi kebutuhan yang mana berdasarkan penelitian National Science Foundation sepuluh tahun ke depan menyebutkan 80 persen lowongan pekerjaan justru dibutuhkan keahlian di bidang teknologi permesinan dan matematika. 

 

 

Dikutip dari Fajar online, Tanjungpinangpos

Read 5119 times

Media News

  • Most Popular
  • Latest
Top