Wednesday, 27 August 2014 14:55

Dahlan Iskan Belum Mau Sebut Nama Pengganti Karen Agustiawan

 TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri BUMN Dahlan Iskan enggan memberikan komentar saat ditanya sejumlah wartawan mengenai nama pengganti Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama Pertamina.

 

"Untuk saat ini saya belum mau menyebutkan nama, kita tunggu saja nanti,” ungkap Dahlan Iskan sesaat setelah memberi kuliah umum di kuliah perdana mahasiswa baru program paska sarjana dan spesialis Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Rabu (27/8).

Hal serupa juga dilakukan Dahlan Iskan ketika ditanya tanggapanya mengenai kelangkaan BBM beberapa hari terakhir.  “Untuk masalah kelangkaan BBM jangan ditanyakan kepada saya, sebaiknya ditanyakan ke Menteri ESDM,” ujar Dahlan.

Mengenai perkembangan proyek pipa gas jalur Aru-Belawan, Dahlan mengatakan proyek tersebut akan rampung pada pertengahan bulan Oktober tahun ini. Dengan terwujudnya proyek tersebut, dapat memanfaatkan bok Arun yang selama ini terancam mubazir.

Nantinya setelah proyek tersebut rampung, Medan yang selama ini kekurangan listrik dapat terpenuhi kebutuhan listriknya dan industri dapat lebih bergeliat.

Selain itu, pemerintah juga membangun jaringan pipa gas dari Duri, Riau ke Jawa. “Untuk saat ini jaringan tersebut menghubungkan Duri ke Palembang, kemudian sambung ke Lampung kemudian Jakarta. Dari Jakarta ke Bekasi juga sudah ada, untuk Bekasi Cirebon belum spenuhnya selasai tetapi hampir sampai,” ungkap Dahlan.

Sedangkan untuk jalur Cirebon Semarang masih perlu dibangun. Tetapi untuk jalur pipas gas Semarang-Cepu sudah ada. Untuk jalur Cepu-Gresik masih dalam proses tender. “Selain dari Sumatra ke Jawa, Juga sedang dibangun jalur Semarang-Kalimantan, untuk tahap pertamanya sedang berlangsung,” ungkap Dahlan.

Dengan terhubungnya area sumber gas bumi dengan zona industri dan daerah pemukiman yang mengandalkan gas bumi sebagai sumber energi utama, dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu dalam kuliah umum yang disampaikan dihadapan mahasiswa baru program paska sarjan UGM, Dahlan Iskan mengajak mahasiswa lebih kreatif lagi dan berkontribusi kepada negara dengan melakukan riset untuk menghasilkan berbagai penemuan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

dikutip dari tribunjogja

Read 364 times

Media News

  • Most Popular
  • Latest
Top