Thursday, 28 August 2014 17:55

Sebaiknya, Makan Mie Instan 1 Kali Dalam Seminggu

Jakarta: Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan The Journal of Nutrition menyebutkan, makan mie instan dua kali seminggu bisa memicu penyakit kardiometabolik bagi perempuan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Indah Sulianti. Dijelaskan Indah, mie instan sarat dengan pengawet (natrium) yang bisa mengendap di dalam organ tubuh sehingga bisa memicu beragam gangguan kesehatan. Tidak hanya menimpa perempuan, juga laki-laki.

"Natrium tersebut akan membentuk semacam plak yang mengendap di jantung dan lama kelamaan bisa menyumbat pembuluh darah. Kalau tidak ditangani, jantung akan mengalami kerusakan. Hal tersebut yang sering mengakibatkan serangan jantung," jelasnya kepada Metrotvnews.com, Kamis (28/8/2014).

Lalu, berapa kali idealnya seseorang boleh mengonsumsi mie agar terhindar dari risiko tersebut? Menurut Indah, sebaiknya mie instan dikonsumsi satu kali saja dalam seminggu.

"Pada dasarnya, semua makanan kemasan tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena kadar pengawetnya yang bisa membahayakan tubuh. Baiknya, seseorang lebih banyak mengonsumsi makanan rebusan atau makanan yang diolah sendiri. Kalau mau makan mie instan atau makanan kemasan lainnya, satu kali dalam seminggu adalah porsi yang kami rekomendasikan," pungkasnya.

Dikutip dari : Metrotvnews.com

Read 4928 times

Media News

  • Most Popular
  • Latest
Top