ADE

ADE

Dari sekian banyaknya objek wisata di Indonesia yang sering dikunjungi, ada beberapa diantaranya yang bahkan sudah terkenal ke seluruh dunia. Mau tahu, apa saja tempat wisata tersebut? Berikut ulasannya.

1. Danau Toba di Sumatera Utara

Danau Toba di Sumatera Utara
Danau Toba di Sumatera Utara
 

Danau dengan keindahan yang tak tertandingi ini adalah danau vulkanik terbesar yang ada di Asia Tenggara dan juga terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba sudah lama terkenal sebagai salah satu obyek wisata Indonesia yang sering dikunjungi sejak tahun 1980 an. Danau yang mempunyai luas sekitar 1.145 km persegi ini sebenarnya lebih tepat bila disebut laut karena dengan luas yang sebesar itu di tengah-tengah danau terdapat pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara Singapura. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 450 meter dan merupakan salah satu danau terdalam di dunia.

2. Pantai Kuta di Bali

Pantai Kuta di Bali
Pantai Kuta di Bali
 

Ya, sudah tak bisa dipungkiri lagi nama Pulau Bali memang populer ke seluruh dunia karena memiliki pemandangan yang indah, budaya yang masih kental dan ke-eksotisan pantainya. Salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal adalah Pantai Kuta. Dapat dikatakan bahwa Pantai Kuta menjadi salah satu daya tarik para turis untuk berkunjung ke Bali, terutama bagi mereka yang hobinya berselancar, berwisata bahari dan berjemur. Kuta telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari restoran, hotel, toko pernak – pernik atau oleh – oleh, dan tempat hiburan lainnya dapat ditemukan di sini. Momen yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Kuta adalah indahnya saat – saat memandang matahari terbit dan terbenam. Karena Anda akan disuguhi pemandangan sunset yang bagaikan surga dunia.

3. Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara
Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara
 

Tempat wisata di Indonesia lainnya yang juga ramai dikunjungi wisatawan asing adalah Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken ini berada di Teluk Manado. Ya, Bunaken menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang mengundang kekaguman karena keindahan taman bawah lautnya yang sulit ditemukan di negara lain. Di dalam taman laut Bunaken akan terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi dengan bebatuan laut. Tak hanya itu, pemandangan yang paling menarik disini adalah adanya terumbu karang terjal vertikal yang bentuknya menjulang ke bawah sedalam 25 sampai 50 meter. Tak sampai di situ saja, mata Anda juga akan dimanjakan dengan 91 spesies ikan yang ada di dalamnya. Maka tak heran jika Taman Laut Bunaken ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan terutama mereka para pecinta laut. Di sini juga disediakan fasilitas untuk scuba diving dengan 20 area titik penyelaman terbaik, dimana penyelam bisa memperoleh kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang begitu menakjubkan.

4. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat
 

Surga dunia di Indonesia selanjutnya yaitu kepulauan Raja Ampat. Kepulauan ini terletak di Papua Barat dan merupakan kepulauan yang memiliki kekayaan laut terlengkap di bumi. Raja Ampat atau nama lainnya Empat Raja merupakan 4 pulau indah dan merupakan penghasil lukisan batu kuno. Keempat pulau utama ini adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Keindahan dan kemegahan dari kepulauan Raja Ampat ini mengundang para wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung ke sini untuk merasakan pengalaman sekaligus menikmati pemandangan yang tidak akan terlupakan. Di pulau dengan wilayah sekitar 4,6 juta hektar tanah dan laut ini, Anda bisa menemukan 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, terdapat sekitar 75% spesies laut dunia ada di pulau yang menakjubkan ini.

5. Gunung Bromo di Jawa Timur

Gunung Bromo di Jawa Timur
Gunung Bromo di Jawa Timur
 

Jika Anda pernah berkunjung ke Jawa Timur, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Gunung Bromo. Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia ini mempunyai pesona yaitu gunung yang dikelilingi pasir laut yang luas. Meski bukanlah salah satu gunung tertinggi di Indonesia, tapi keindahan Gunung Bromo tiada duanya dan membuat para pengunjung bisa merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler. Anda bisa melakuka kegiatan berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan ketika matahari terbit dan terbenam. Tentu bisa menjadi pengalaman secara langsung yang berkesan dan tak terlupakan. Maka tak heran jika gunung ini menjadi salah satu target para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia karena keindahannya yang menakjubkan.

Suarahatirakyat.com, Jakarta - Forum Orang Batak Bersatu melakukan aksi demonsrasi  di depan Gedung KPK(08/09). Aksi demonstrasi ini dilakukan sebagai bentuk penolakan intervensi oknum pemerintah terhadap acara Sinode Godang HKBP. "Forum Orang Batak Bersatu menolak segala bentuk praktek suap uang haram dari oknum pemerintah," ungkap Frans Fredy sebagai Koordinator Aksi.

"Nusron Wahid ikut mengintervensi acara Sinode Godang, kami tahu itu," kata Frans.

Menurut Frans, acara istimewa Sinode Gudang yang rencananya akan digelar pada 13-15 September 2016 di Provinsi Sumatera Utara telah diintervensi oleh sejumlah pihak untuk mengendalikan HKBP dibawah kendali satu partai.

img-20160908-wa0004

"Menjelang Sinode Godang timbul keresahan dikalangan jemaat karena di rasa ada campur tangan oknum pemerintah," Tegas Frans.

"dalam beberapa hari belakangan ini  sudah ada yang menelpon Bupati, Walikota di Sumatera Utara bahkan Gubernur Riau, salah satunya dari Oknum OJK (Dumoli Pardede) yang menyiapkan logistik sebagai kepanjangan tangan dari Sinar Mas Group dikarenakan masalah Asuransi," tambah Frans.

"Nusron Wahid juga kedapatan melakukan kasak kusuk untuk melakukan intervensi jelang digelarnya acara. Nusron ini kan dikenal sebagai 'pemain' dalam perpajakan di koorporasi dan pemerintahan," tungkasnya.

"Aktivitas oknum-oknum pemerintah ini dilindungi oleh oknum pemerintah yakni Luhut Binsar Panjaitan bersama Istrinya, motif mereka berdua adalah untuk mengendalikan perguruan Nomensen dan Yayasan HKBP yang asetnya mencapai triliyunan rupiah," tambahnya.

Diketahui acara Sinode Godang yang akan dihelat 13-15 September 2016 akan memilih Ephorus baru sebagai pemimpin gereja HKBP. Pemilihan ini akan melbatkan 1600-1800 utusan yang berasal dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

"kami memohon kepada Bapak Presiden untuk menstop oknum pemerintah yang ikut campur dalam acara Sinode Godang HKBP," tutupnya.

[ERH]

Proklamasinews.com, Jakarta – Hakim Mahkamah Arbitrase Internasional di Den Haag, Belanda, telah mengeluarkan putusan atas klaim teritori di Laut China Selatan(13/07).

Putusan yang dihasilkan lima hakim itu akan menentukan status sejumlah wilayah di Laut China Selatan atas Gugatan Filipina terhadap China

Tumpang tindih klaim atas wilayah yang sama juga menjadi titik sengketa antara China dengan beberapa Negara lain yakni Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.

Saat ini China mengklaim kepemilikan 90 persen wilayah perairan di Laur Cina Selatan, menyatakan tidak akan mengakui putusan Mahkamah Arbitrase PBB dan menolak segala bentuk bagian dari hasil keputusan.

Bahkan lebih dari itu, China berupaya mengajak sejumlah Negara untuk mendukung pandangannya bahwa putusan pengadilan internasional  di Den Haag seharusnya ditolak.

Sejauh ini, Tiongkok mengklaim sudah sekitar 60 negara telah mendukung posisi tersebut.

Seperti diketahui, mahkamah arbitrase digelar berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), yang ditandatangani China dan sejumlah Negara Asia Tenggara, termasuk Filipina.

Filipina berargumen bahwa klaim China di wilayah perairan Laut China Selatan yang ditandai dengan ‘sembilan garis putus-putus’ atau ‘nine-dash-line- bertentangan dengan kedaulatan wilayah Filipina dan hukum laut Internasional.

[Pro]

 

 

 

suarahatirakyat.com -JAKARTA,  Laksamana (Purn) Slamet Soebijanto angkat bicara terkait hiruk-pikuk dua skandal besar Sumber Waras dan Reklamasi Teluk Jakarta.

Dia menilai, kedua kasus yang kini menimpa Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak lepas dari upaya konglomerat China yang tengah memanfaatkan Ahok yang tengah berkuasa di Ibu Kota Negara.

Bahkan, mereka sudah mempersiapkan skenario agar Ahok tetap melenggang di Pilkada DKI 2017 dan sakligus menjadikannya batu loncatan demi mengantarkan Ahok ke Kursi RI-1 pada Pilpres 2019 mendatang.

Dukungan China ke Ahok tersebut untuk membawa pengaruh bahkan penjajahan Negari Tirai Bambu di bumi Nusantara.

"Jakarta sebagai Center of Gravity Indonesia, sàngat diperebutkan dan China ingin menguasainya, menguasai Jakarta secara politik menguasai Indonesia. Gubernur Jakarta Ahok mendapat dukungan logistik tak terbatas untuk memenangkan Ahok di Pilkada 2017," kata Laksamana (purn) Slamet Soebijanto, sebagaimana dikutip dari suaranasiona.

Slamet mengatakan, jalur sutera yang dihidupkan kembali, untuk mendukung pencapaian kepentingan nasional China lewàt darat. Klaim laut China Selatan, mencoba merintis jalur laut yang aman dan terlindungi.

"Mendukung konsep tol laut Indonesia, menyambung jalur laut China Selatan, sebagai jalur laut ke Benua Hindia dan Afrika, Indonesia potensi sumber daya alam yang besar, dan China telah menanamkan pengaruhnya di Negara-negara Afrika," ungkap Slamet.

Selain itu, Slamet mengatakan, diduga kuat telah terjadi kesepakatan membelah Indonesia menjàdi dua oleh China dan AS. China wilàyah barat, AS wilayah Timur.

"Persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Ahok selalu bisa dialihkan dan ditutupi dengan dimunculkan persoalan baru sehingga persoalan pokoknya terlupakan," papar Slamet.

Slamet menambahkan, Jakarta sebagai Center of Gravity merupakan obyek vital nasional yang harus pemerintah Sikapi dengan sangat hati-hati dan waspada.

"Keliru mengambil keputusan akan berakibat fatal bagi bangsa dan negara," ungkap Slamet.

"Saya yakin bapak-bapak dan ibu-bu dengan kemampuan intelektual yang tidak diragukan mampu mengurai dan menemukan benang merahnya. Dengan ditemukan benang merah itu, semoga segera ada penyatuan sikap dan langkah untuk menyelamatkan Negeri ini yang sudah berada di ujung tanduk perpecahan," pesan Slamet.

Saturday, 18 June 2016 00:00

BI: Utang Luar Negeri Naik USD3 Miliar

suarahatirakyat.com –Jakarta, Bank Indonesia (BI) melaporkan kenaikan utang luar negeri (ULN) menjadi 319 miliar dolar AS pada April 2016 atau naik 6,3 persen dibanding April 2015, sedangkan jika dibandingkan Maret 2016, utang bertambah tiga miliar dolar AS.

Dari publikasi Statistik ULN BI, kenaikan ULN itu sebagian besar karena jumlah ULN berjangka panjang dan ULN publik yang meningkat.

ULN berjangka panjang pada April 2016 mencapai 279,3 miliar dolar AS atau 87,6 persen dari total ULN, dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 8,3 persen. Pertumbuhan pada April lebih tinggi dari pertumbuhan Maret 2016 yang sebesar 7,9 persen.

Sementara ULN sektor publik tumbuh 15,7 persen atau meningkat dari maret yang tumbuh sebesar 14 persen. Meskipun demikian porsi ULN publik lebih kecil dibanding swasta yakni 48,2 persen atau 152,8 miliar dolar AS berbanding 51,8 persen atau 165 miliar dolar AS.

ULN swasta justru menurun lebih tajam dibanding Maret 2016 yakni 1,1 persen dibanding Maret sebesar 1 persen.

“Pada sektor swasta, posisi ULN pada April 2016 terutama terkonsentrasi di sektor keuangan, industri pengolahan, pertambangan, serta listrik, gas dan air bersih. Pangsa ULN keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 76,0 persen,” tulis BI.

Bank sentral memandang perkembangan ULN pada April 2016 masih cukup sehat, namun perlu terus diwaspadai risikonya terhadap perekonomian nasional.

BI akan terus memantau perkembangan ULN, khususnya ULN sektor swasta agar ULN dapat berperan optimal untuk mendukung pembiayaan pembangunan tanpa menimbulkan risiko instabilitas makroekonomi.

suarahatirakyat.com-Ketua Perhimpunan Magister Hukum Indonesia, Fadli Nasution mengatakan bahwa pergantian Kepala Kepolisian RI (Kapolri) tidak akan menjadi polemik jika langsung diserahkan sepenuhnya kepada Presiden saja. Namun, sebaliknya, hal itu menjadi polemik ketika melibatkan Lembaga Dewan Pilerwakilan Rakyat (DPR) untuk memberikan persetujuan terhadap sosok yang diajukan oleh Presiden.
 
"Jadi begini, soal pergantian Polri menjadi polemik ketika melibatkan lembaga politik(DPR). Kalau saja hanya menjadi domain internal polisi dan presiden, ini tidak akan menjadi polemik," kata Fadli dalam diskusi bertajuk 'Susah Gampang Cari Kapolri' di Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu(11/6/2016).
 
Kata Fadli dengan masuknya DPR dalam ranah ini, maka pemilihan Kapolri ini menjadi serba politis. Pasalnya, tidak hanya di lingkukangan DPR saja yang menjadi politis, tetapi juga menyebar ke internal Polri itu sendiri.
 
"Sekarang,nama yang sudah dipilih oleh Presden diserahkan ke DPR untuk mendapat persetujuan. Disinilah yang menjadi polemik politik, karena tidak hanya di DPR, tetapi di  internal polri juga ada pilitik hingga di eksternalnya," kata Fadli.
 
Namun, tidak hanya menghindari DPR dari pemilihan Kapolri agar tidak terjadi kegaduhan, Fadli juga menyarankan kepada Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk menyadari situasi saat ini yang sudah stabil. Untuk itu, dia menyarankan agar kepentingan regenerasi kepemimpinan di Polri harus terus dilanjutkan. Artinya, masa kerja Badrodin diharapkan tidak diperpanjang.
 
"Sekarang kondisi sudah stabil, saya kira, tidak seperti yang lalu  terjadi kegaduhan politik hukum.Ini yang harus disadari oleh BH(Badrodin Haiti),  bahwa beliau pada saat jadi Kapolri dulu, tidak pernah dia dicalonkan, tapi hanya BG(Budi Gunawan). Karena terjadi kegaduhan, barulah BH jadi Kapolri.  Dalam  situasi yang stabil ini, perlu dipertimbangkan regenerasi," kata Fadli.
 
Untuk diketahui, masa Badrodin menjabat sebagai Kapolri berakhir pasa tanggal 28 Juli 2016 nanti. Ada kemungkinan, apakah dia diganti atau malah diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo. Apabila diganti, maka ada sejumlah nama siap mengiso kursi yang ditinggalkannya. Mereka adalah Sestama Lemhanas Komjen Pol Suhardi Alius, Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian, Kalemdikpol Komjen Pol Syafruddin, Inspektur Pengawasan Umum Komjen Pol Dwi Priyatno, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno, dan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso. Namun, hingga saat ini, belum diketahui apakah nama-nama itu sudah dikantongi Presiden atau belum.
 
Tetapi dari sejumlah nama tersebut, yang paling favorit adalah ada Komjen Pol Budi Gunawan dan Komjen Pol Budi Waseso.
 
Sosok Budi Gunawan sendiri sangat kontroversial dalam pemilihan Kapolri yang lalu. Nama Budi Gunawan mencuat setelah KPK menetapkannya menjadi tersangka. Status tersebut kemudian menggagalkan langkah Budi Gunawan menjadi kapolri, di detik-detik terakhir. Padahal, ketika itu dia merupakan calon tunggal Kapolri yang dipilih Presiden Jokowi.
 
Setelah KPK menjadikan Budi Gunawan tersangka, terjadilah ketegangan antara Polri dan KPK. Sejumlah komisioner KPK dilaporkan ke polisi. Bahkan, dua pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto kemudian dijadikan polisi sebagai tersangka.
 
Belakangan, gugatan praperadilan Budi Gunawan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dikabulkan dan status tersangkanya dianggap tidak sah. Tetapi, Presiden telah mencabut pencalonan Budi Gunawan menjadi Kapolri.

suarahatirakyat.com -Aksi demo damai Barisan Merah Putih Pembela NKRI di provinsi Papua digelar. Ribuan orang turun ke jalan di Jayapura, Papua.

Unjuk rasa pada Kamis (2/6/2016) itu diikuti banyak anggota masyarakat. Bisa dilihat pada aktivitas perdagangan di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom yang terhenti. Pasar tradisional dan pertokoan tutup.

Warga memang diajak untuk turun ke jalan melakukan aksi demo menentang gerakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan ULMWP 

Sehari sebelumnya surat edaran yang dikeluarkan Ketua Barisan Merah Putih dan Ketua Kerukunan Sulawesi Selatan telah diedarkan pasar- pasar dan semua toko, bahkan supermarket untuk ikut melakukan unjuk rasa damai.

Marten Sremsrem seorang pihak keamanan pasar dari Dinas Perindakop Kota Jayapura, mengatakan, walau sudah ada pemberitahuan dari kepala pasar bahwa Pasar Yotefa tetap dibuka, namun banyak penjual yang memilih tutup.

"Tetapi pada kenyataannya Pasar Yotefa pada hari ini tampak sepi, bukan hanya penjual tetapi juga sepi pembeli," ujarnya.

Dalam selebaran ajakan demo dari Barisan Rakyat Pembela NKRI meminta semua elemen baik suku, agama dan kelompok profesi turun jalan menyuarakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Barisan Rakyat Pembela NKRI juga meminta maaf apabila aktivitas bisnis terganggu. "Kita korbankan waktu sejenak untuk menciptakan iklim perekonomian yang lebih baik dalam jangka panjang. Mari kita hormati saudara-saudara kita yang menyuarakan NKRI," isi selebaran tersebut.

 

suarahatirakyat.com -Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen mengatakan, Partai Komunis Indonesia sudah kembali bangkit.

Bahkan, menurut Kivlan, PKI telah membentuk struktur partai mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Ia juga menyebutkan bahwa sejak dua minggu lalu, mereka telah menyiapkan hingga 15 juta pendukung.

"Susunan partai sudah ada, pimpinan Wahyu Setiaji. Dari tingkat pusat sampai daerah," ujar Kivlan saat ditemui di sela acara Simposium Nasional "Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI dan Ideologi Lain" di Balai Kartini,

Namun, Kivlan tidak menjelaskan lebih jauh mengenai sosok Wahyu Setiaji yang dimaksud.

Secara terpisah, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menganggap Kivlan hanya mengarang cerita.

Kivlan melanjutkan, kantor PKI yang lama berada di samping Hotel Acacia, Jalan Matraman, Jakarta.

Kantor lama yang sudah seperti rumah hantu itu disebut akan segera direnovasi untuk diaktifkan kembali. Bukti kegiatannya adalah maraknya brosur-brosur yang disebar serta Majalah Historika.

Ia pun menyebutkan, para anggota PKI kini sudah masuk ke parlemen dan masuk ke partai-partai lain.

"Ribka Tjiptaning terang-terangan mengakui dia bangga jadi anak PKI, masuk DPR. Dia sudah bilang itu tugu yang di lubang buaya mau dihancurkan, diomongkan kok, dendam sekali dia," ucap Kivlan.

Sejumlah pihak, disebut Kivlan, turut memfasilitasi kebangkitan kembali PKI, mulai dari menteri hingga panitia di balik terselenggaranya simposium tersebut.

"Ada (yang fasilitasi). Menko Polhukam sama Agus Widjojo," tuturnya.

Kivlan menambahkan, harus ada langkah pencegahan yang dilakukan sebelum PKI semakin kuat dan akhirnya mengancam ketahanan negara. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk siap melawan kebangkitan PKI.

"Rekomendasi ke pemerintah jangan minta maaf, ini juga simposium. Pasukan kita siap perang kok," tutur dia.

 

Page 1 of 4

Media News

  • Most Popular
  • Latest
Top